Saturday, May 3, 2014

4:37 PM
Aplikasi Web Browser

Untuk mendukung koneksi internet maka diperlukan aplikasi web browser, saat ini banyak sekali aplikasi yang dikembangkan. Web Browser merupakan suatu program/software yang di gunakan untuk menjelajah internet atau untuk mencari informasi yang kita perlukan dari suatu web yang terimpan dalam komputer.

Cara kerja web broser seperti gambar di bawah :
Cara kerja Web Browser

Cara Kerja Web Browser :
a. User/netter yang akan mengakses suatu website berupa URL melalui web browser
b. web browser tersebut akan mengirimkan request berupa HTTP REQUEST kepada web browser melalui layer-layer TCP/IP (Internet Protocol)
c. web server memberikan WEB FILES yang sudah di request jika ada konfirmasi
d. web server memberikan respon kembali web browser melalui HTTP RESPONSE (melalui layer - layer TCP/IP)
e. kemudian baru akan di terima oleh web browser, setelah itu di kirimkan ke USER yang berupa display

Beberapa aplikasi web browser yang populer digunakan diantaranya :
1. Mozilla Firefox
Ini merupakan aplikasi yang banyak dikenal orang awam karena penggunaanya mungkin lebih mudah. Selain itu, keamanannya juga sudah mumpuni. Karena semua fasilitas keamanan online yang di butuhkan sudah lengkap tersedia di browser ini. Kelebihan firefox lainnya yaitu kecepatan aksesnya yang di atas rata-rata.
Mozilla Firefox, sekarang telah meluncurkan Firefox 3 aplikasi bowsing yang dianggap tercepat ini sekarang sudah bisa berbahasa indonesia, juga penampilanya berubah total dari Mozila Firefox 2 dan yang pasti bertambah cepat.
Download Mozilla Firefox disini

2. Google Chrome
Google Chrome atau disingkat Chromeadalah web browser freeware yang dirancang dan dikembangkan olehGoogle Inc.
Download Google Chrome disini
 
3. Internet Explorer
Internet Explorer, atau yang biasa disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.

4. Opera
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak seperti penjelajah web serta perangkat lunak untuk membaca serta mengirim surat elaktronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia.

5. Safari
Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3
Download Safari disini

6. Flock
Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0
Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
Download Flock disini

7. K-Meleon
K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah  Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.
Browser ini selalu menjadi andalan disaat komputer sedang banyak menggunakan aplikasi, karena browser yang satu ini sangat hemat memory. Selain hemat memory browser ini juga tak kalah cepat dengan Firefox, dengan dukungan Netscape Bookmark, Opera Hotlist, dan IE Favorite browsing yang satu ini semakin mudah untuk digunakan. Dan hanya 2 hal yang sampai sekarang disesalkan, yaitu dalam hal tampilan dan dalam hal dukungan bahasa. Walaupun tema k-meleon bisa diganti, namun K-Meleon tak mendukung bahasa Indonesia seperti browser lainya. 
Download  K-Meleon disini

8. SeaMonkey
SeaMonkey, atau dikenal juga dengan sebutan lengkap sebagai Mozilla SeaMonkey, adalah sebua web app yang merupakan penggabungan antara fungsi-fungsi web browser yang berfungsi untuk menjalajahi internet, email client untuk menerima dan mengirim email, news client untuk menerima berita dan HTML editor untuk menyunting halaman website yang menggunakan HTML (Hyper Text Mark-up Language).
Aplikasi web SeaMonkey pertama kali dirilis sekitar tahun 2006, dan sampai saat ini web app ini telah banyak melakukan pengembangan.

9. Camino
Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.
Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac
Download Camino disini

10. Konqueror
Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputer anda maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
  1. FTP and SFTP/SSH browser
  2. SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
  3. HTTP browser
  4. IMAP mail client
  5. ISO (cd image) viewer
  6. VNC viewer
Untuk menginstall Konqueror ini anda harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.
Download  Konqueror disini

11. Dolphin Browser
Aplikasi Dolphin browser sebelumnya pernah mucul pada perangkat Nexus One, ini merupakan aplikasi browser yang pertama kali mendukung fitur multi-touch untuk zoom pada perangkat Android.
Aplikasi ini kini hadir secara gratis dan bisa diunduh dihalaman Android Market.
Download Dolphin Browser disini

0 comments :

Post a Comment